SEPELE TAPI SERING DILUPAKAN, INILAH INDIKATOR MAKANAN YANG BAGUS UNTUK KUCING KESAYANGAN

SEPELE TAPI SERING DILUPAKAN, INILAH INDIKATOR MAKANAN YANG BAGUS UNTUK KUCING KESAYANGAN

Siapa sih di sini yang ngga suka sama kucing? Hewan yang disukai dan banyak dipelihara karena tingkah lakunya yang menggemaskan. Apakah kalian adalah salah satu yang memeliharanya? Bagaimana kondisi kucing kalian saat ini?

Sebagai pecinta kucing, sudah pasti kalian menginginkan yang terbaik bagi kucing kesayangan. Mulai dari tempat tinggal, makanan, perawatan, dan printilan-printilan lainnya. Saya yakin kalian akan memerlakukan kucing peliharaan seperti adik sendiri atau bahkan seperti anak sendiri.

Bagi kalian yang ingin memelihara kucing, namun bingung bagaimana memilih makanan kucing yang bagus. Kalian tidak perlu risau, di bawah ini akan dijelaskan apa saja indikator dalam memilih makanan kucing yang bagus.

Tunggu apalagi, ayo simak penjelasan di bawah ini!

Jenis Makanan Kucing

Makanan kucing terbagi menjadi 2 yakni makanan kering dan makanan basah. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Kalian harus mengerti mana yang cocok bagi kucing kalian

Makanan kering memiliki keunggulan yakni lebih tahan lama dan mudah disimpan. Namun, makanan kering kadar air hanya sedikit sehingga lebih sulit dicerna dan kucing rentan dehidrasi.

Sebaliknya, makanan basah memiliki kandungan air yang banyak dan mudah dicerna sehingga baik untuk kucing yang memiliki masalah ginjal. Selain itu, umumnya kucing juga lebih menyukai makanan basah dari segi tekstur, bau, dan rasa

Namun, kekurangan makanan basah adalah daya simpannya yang pendek, serta memerlukan tempat khusus untuk menyimpannya. Selain itu, dinilai tidak bagus untuk kesehatan gigi karena menimbulkan karang gigi.

Intinya makanan kucing yang bagus adalah yang banyak memberi manfaat dan sedikit menimbulkan efek samping.

Nutrisi yang Diperlukan Kucing

Sama seperti halnya manusia, kucing pun harus diperhatikan makanannya. Makanan yang berkualitas, secara tidak langsung akan membuat kucing semakin sehat. Lalu, apa saja nutrisi yang penting bagi kucing?

  1. Protein

Sebagai hewan karnivora, asupan protein kucing merupakan protein hewani yang berasal dari daging-dagingan. Protein berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan bagian tubuh yang rusak. Serta protein merupakan sumber tenaga bagi kucing.

  1. Lemak

Lemak berperan penting dalam cadangan sumber energi. Perlu diperhatikan bahwa lemak yang terkandung dalam makanan kucing juga harus diperhatikan, tidak boleh berlebihan. Sebab, makanan kucing yang bahan utamanya merupakan daging memiliki kandungan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh.

  1. Mineral

Mineral berperan penting dalam menjaga kebugaran kucing. Makanan kucing yang bagus tentu mengandung banyak mineral, seperti kalsium, fosfor, mangan, magnesium, zink, dan lain sebagainya. Mereka berperan penting dalam kekuatan tulang, kesehatan kulit dan bulu, imunitas, dan masih banyak lagi.

  1. Karbohidrat

Kadar karbohidrat yang bagus bagi kucing adalah sekitar 5%. Hal ini, dikarenakan sebagian besar energi dihasilkan dari protein. Jadi, jika mengonsumsi makanan dengan karbohidrat berlebih akan berdampak pada obesitas. Tentu, kalian tidak ingin jika kucing kalian obesitas, kan?

  1. Vitamin

Kalian telah mengetahui apa saja jenis vitamin, yakni yang tidak larut dalam air (A, D, E, K) dan yang larut dalam air (B dan C). Semua vitamin tersebut penting bagi kucing. Namun, ada yang lebih diutamakan

Itulah beberapa nutrisi yang penting bagi kucing kesayangan kalian. Pahami komposisi dari makanan yang kalian berikan ke kucing. Makanan kucing yang bagus mengandung banyak nutrisi dan tentunya disukai oleh kucing.

Mengikuti Standar The Association of American Feed Control Officials (AAFCO)

Ini merupakan patokan utama untuk menentukan makanan kucing yang bagus untuk kucing. Jika kalian sayang terhadap kucing kalian, hendaklah untuk mempelajari pokok pokok penting yang diterapkan oleh asosiasi tersebut.

Sesuaikan Kebutuhan Kucing

Setiap kucing memiliki kebutuhan berbeda. Ditinjau dari usia, jenis kelamin, berat badan, intensitas kegiatan, ras, status sterilisasi dan lain- lain. Sebagai contoh kucing yang masih kecil tidak banyak membutuhkan asupan makanan. Akan tetapi, kucing dewasa membutuhkan makanan dengan kuantitas yang lebih banyak.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih makanan kucing yang bagus dan tepat untuk kucing kalian. Kesehatan adalah yang utama. Jangan lalai, dalam memerhatikan kebutuhan kucing kalian, terutama makanannya. Tentu kalian akan senang jika kucing kalian sehat dan aktif, bukan? Mari pelajari lebih dalam tentang kebutuhan makanan kucing.