Ragam Permainan Bantu Stimulasi Bayi 9 Bulan yang Benar

December 16, 2020 by No Comments

Perkembangan bayi di usia 9 bulan sangat pesat dimulai dari pergerakan fisik seperti, melambaikan tangan, merangkak dan bergerak dengan baik.  Berdasarkan Associate professor pediatric, anak yang memasuki usia tersebut sudah dapat memahami kata tidak. Meskipun, si kecil masih belum secara penuh memahami bahasa kata. Setidaknya dia dapat mengenali bahasa tubuh orang tuanya. Agar bayi dapat berkembang sesuai usianya secara optimal. Maka perlu dilakukan stimulasi bayi 9 bulan dengan beragam pilihan permainan.

Apa Saja Ragam Permainan Bantu Stimulasi Bayi 9 Bulan?

Beragam Pilihan Permainan Bantu Stimulasi Bayi 9 Bulan Menjadi Lebih Berkembang. Hal tersebut dapat meningkatkan respon anak terhadap lingkungan sekitarnya. Berikut beberapa permainan yang menarik untuk dimainkan oleh bayi berumur 9 bulan:

Bermain Ember

Permainan yang dapat membantu si kecil untuk meningkatkan responnya terhadap suara, gerak dan kognitifnya adalah bermain ember. Berdasarkan parents.com, apabila Anda sebagai orang tua menjatuhkan bola ke dalam ember. Maka katakan “duk!”.

Anda dapat mengulanginya sehingga si kecil dapat mengulangi perkataan tersebut berulang kali. Selanjutnya, Anda dapat membiarkan si kecil untuk bermain balok dan ember tersebut. Hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dan bahasa sederhana.

Petak Umpet

Permainan ini tentu saja berbeda dengan permainan petak umpet anak umur 9 tahun ke atas. Anda dapat memakai karton sebagai penghalang. Tentunya, selalu pastikan apakah keadaannya aman dan nyaman tanpa ada benda yang berbahaya.

Setelah itu, Anda dapat menaruh benda berupa handuk maupun selimut. Selanjutnya, si kecil dapat ditempatkan di dalam. lalu, Anda dapat berpura-pura seolah Anda tidak dapat menemukan si kecil.

Gelinding Bola

Selain kedua permainan atas yang biasa dimainkan untuk si kecil yang baru berusia 9 bulan. Bermain gelinding bola dapat menjadi salah satu permainan yang menarik. Anda dapat mencobanya dengan cara menggelindingkan bola menuju si kecil. Setelah itu, apakah dia akan mencoba menghentikannya ataupun tidak.

Lalu, Anda dapat mendorongnya untuk mengembalikan bola secara berlawanan. Jika tidak Anda dapat memberikan sebuah tepukan tangan pada si kecil jika berhasil mengembalikan bola maupun tidak. Aktivitas ini mampu meningkatkan kemampuan motorik kasarnya. Selain itu, membantu mengajarkan cara bergiliran dan menirukan tingkah Anda.

Boneka

Biasanya bayi perempuan lebih menyukai bermain boneka. Hal ini dikarenakan adanya rasa suka atau tertarik pada benda yang menurutnya menarik. Bermain dengan boneka tidak salah. Hal ini malah dapat meningkatkan kemampuan sensoriknya. Tidak hanya itu, bermain boneka dapat membuat si kecil memiliki rasa socioemotional. Hal tersebut dapat ditandai dengan keinginan si bayi tidur dengan bonekanya.

Apabila Anda berkeinginan mencari boneka yang cocok untuk si kecil. Maka pilihan terbaiknya adalah membeli boneka maupun plush toys dari kain katun maupun kain dengan bulu panjang. Beberapa permainan di atas dapat membantu stimulasi bayi 9 bulan menjadi lebih berkembang dan belajar mengenal lingkungannya secara bertahap.