Ciri-Ciri Darah Haid Menstruasi dan Flek Tanda Kehamilan

Ciri-Ciri Darah Haid Menstruasi dan Flek Tanda Kehamilan

Menstruasi merupakan salah satu fase alamiah pada wanita yang menunjukkan bahwa organ kewanitaannya sudah matang. Pada saat menstruasi ini, dinding rahim wanita akan mengalami peluruhan menjadi darah. Namun, munculnya darah atau flek ini juga dapat menjadi pertanda kehamilan wanita. Untuk dapat membedakannya, Anda harus tahu ciri ciri darah haid dan juga flek tanda kehamilan.

Seperti kita ketahui, pertanda kehamilan wanita itu ada banyak sekali. Namun, salah satu ciri yang sering membingungkan para ibu muda adalah munculnya flek tanda kehamilan. Pasalnya, flek tanda kehamilan tersebut mirip sekali dengan darah menstruasi. Nah, agar Anda tidak kebingungan, langsung saja Anda simak perbedaan darah haid dengan flek tanda kehamilan berikut ini.

Ciri-Ciri Darah Menstruasi atau Haid

Pada umumnya, menstruasi atau haid berlangsung kurang lebih dua sampai dengan tujuh hari. Flek darah menstruasi pertama yang muncul umumnya memiliki warna merah yang terang. Selain itu, flek darah menstruasi pertama tersebut cenderung berbentuk gumpalan.

Pada saat menstruasi datang, sangat disarankan untuk para wanita mengganti pembalut paling tidak setiap tiga jam. Namun, bila Anda sampai harus mengganti pembalut tersebut setiap jam, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter yang bersangkutan.

Anda juga harus mewaspadai apabila pendarahan haid tersebut berlangsung selama lebih dari tujuh hari dan dengan mengeluarkan jumlah darah haid yang sangat banyak. Hal itu karena menstruasi yang mengalami masalah seperti itu dapat menjadi salah satu tanda bahwa seseorang menderita suatu penyakit. Jadi, agar segera mendapatkan perlakuan dan penanganan yang tepat, segera periksa ke dokter.

Ciri-Ciri Flek Darah Tanda Kehamilan

Keluarnya flek darah akibat proses menempelnya janin di dinding rahim atau biasa disebut implantasi, pada umumnya keluar sekitar 5 sampai dengan 12 hari setelah proses pembuahan terjadi atau 2 sampai 7 hari menjelang menstruasi atau haid.

Waktu tersebut sering kali membuat banyak wanita bingung dalam membedakan darah flek menstruasi dan flek kehamilan karena flek tanda kehamilan tersebut dapat hadir tepat saat hari menstruasi bulanan. Hal itulah yang membuat banyak wanita tidak peka dan menganggap bahwa darah flek kehamilan tersebut sebagai darah menstruasi biasa.

Untuk dapat memudahkan Anda dalam membedakan kedua macam flek darah tersebut, Anda dapat melihatnya dari warna flek tersebut. Apabila flek darah berwarna terang dan berbentuk gumpalan, maka itu bisa dikatakan adalah menstruasi biasa. Namun, jika warna flek darah tersebut berwarna merah muda atau cokelat, maka itu merupakan flek tanda kehamilan.

Bagaimana? Sekarang Anda sudah bisa membedakan ciri-ciri darah haid dan flek tanda kehamilan bukan? Sebagai catatan, memang flek tanda kehamilan ini tidak selalu hadir pada setiap kehamilan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui ciri-ciri tersebut. Nah, bagi Anda yang ingin mengulik dan cari tahu lebih tentang menstruasi dan masalah pembalut wanita, langsung saja klik di charmgirlstalk.com.