Cara membuat kopi hitam tanpa ampas seperti kopi instan

Cara membuat kopi hitam tanpa ampas seperti kopi instan

Saat ini banyak sekali kopi instan yang beredar di pasaran. Kopi instan merupakan kopi yang siap untuk di sajikan tanpa perlu ribet karena sudah melewati proses sangrai, penggilingan bahkan sekarang ada sudah mengandung gula, jadi tinggal seduh saja.

Kopi instan saat ini lebih di gemari oleh kalangan anak muda, salah satunya yaitu kopi tanpa ampas. Karena untuk yang hanya sekedar minum kopi sambil nongkrong ataupun ngumpul memang jarang sekali yang menyukai kopi hitam yang berampas, meskipun kopi hitam berampas sebenarnya juga bisa di bikin kopi hitam tanpa ampas.

Sayangnya saat ini orang berpikir untuk menikmati kopi hitam murni tanpa ampas harus memiliki mesin kopi. Tapi pada kenyataannya untuk menikmati kopi hitam tanpa ampas gak perlu mesin kopi atau bahkan harus ngopi di café terlebih dahulu agar bisa memesan kopi hitam tanpa adanya ampas.

Membuat kopi hitam tanpa ampas sebenarnya kita cuma membutuhkan saringan teh saja tidak ada teknik spesial lainya. Bagi kamu yang penasaran bagaimana membuat kopi hitam tanpa ampas seperti kopi instan yang tanpa ampas bisa langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini

Bahan dan alat

  • Saringan teh
  • 1 lembar tisu, bisa gunakan tisu dapur
  • Bubuk kopi secukupnya
  • Air panas untuk menyeduh

Cara membuat kopi hitam enak tanpa ampas

  • Langkah pertama seduh kopi menggunakan air panas, aduk hingga rata selama empat menit jangan lebih
  • Siapkan gelas kosong dan letakkan tisu di atas saringan, gunakan dua lapis tisu kalau bisa
  • Saring kopi yang sudah di seduk menggunakan saringan teh yang sudah di lapisi tisu secara perlahan. Buat jarak sedikit jauh antara gelas dan saringan ketika melakukan proses penyaringan. Ini bermanfaat agar menjaga aroma kopi tetap kuat.
  • Proses penyaringan bisa di lakukan lebih dari sekali, tergantung tingkat kehalusan yang di inginkan.
  • Sekarang kopi hitam tanpa ampas siap di sajikan

Ada beberapa perdebatan antara penikmat kopi yang ada ampasnya atau dengan ada ampasnya. Sebagian orang-orang penikmat kopi tanpa ampas mengangap kopinya lebih aman terhadap resiko kecaduan kopi yang berakibat kadang pusing, lelah dan gangguan lainnya. Tapi faktanya kopi dengan ampas atau tanpa ampas tidak ada bedanya. Hanya berbeda pada tingkat kehalusan tekstur saja dan bagaimana cara menikmati kopi.

Agar mendapatkan manfaat positif dalam mengkonsumsi kopi, tentunya jangan mengkonsumsi dalam jumlah berlebihan setiap harinya. Sebagai  patokan standar, kopi di rekomendasikan hanya boleh minum tidak lebih dari 5 gelas setiap harinya. Jika lebih maka tidak akan mendapatkan manfaat dari kopi untuk kesehatan tubuh anda.