Apa yang Terjadi pada Usia Kehamilan 12 Minggu?

December 22, 2020 by No Comments

Menarik sekali, melihat proses tumbuh kembang janin dari bulan pertama sampai ke minggu 12 ini dimana proses pertumbuhanya akan sangat terasa, cepat dan semakin sempurna.

Minggu kedua belas adalah yang terakhir pada trimester pertama kehamilan. Ini berarti bahwa banyak gejala yang muncul pada minggu-minggu pertama telah berlalu, atau akan hilang dalam waktu dekat.

Organ janin terus menjadi matang, dan tentu saja sesekali bayi akan bergerak dan bisa bunda rasakan.

Perkembangan janin usia 12 minggu

Panjang janin sedikit lebih dari 5 cm, beratnya 14 gram. Pada akhir trimester pertama, janin telah membentuk semua organ penting. Sekarang mereka hanya akan terus berkembang tumbuh menjadi sempurna baik dari semua organ dalam dan luar.

Mungkin peristiwa terpenting pada minggu ke-12 kehamilan adalah bahwa janin akan mengalami beberapa perkembangan segnifikan seperti: Jari-jarinya menekuk dan meluruskan, otot-otot di sekitar matanya mulai terbentuk, mulutnya sudah bisa mengisap. Janin bisa merasakan ketika seseorang meletakkan tangan di perut ibu dan membuat gerakan aktif sebagai tanggapan, tetapi bunda pada umumnya belum bisa merasakannya.

Kemudian juga dari sisi pembentukan aktif sel saraf baru, koneksi terbentuk di antara sel sel lainya dengan sangat cepat.

Wajah bayi yang belum lahir sudah terbentuk sempurna, mata kemudian sedikit demi sedikit sudah bisa terbuka. Kemudian ususu dalam kondisi baik pada posisinya, ginjal sudah berfungsi dan memproduksi urin, masuk ke kandung kemih dan dikeluarkan nanti bersama cairan ketuban.

Kehamilan dua belas minggu adalah waktu pemeriksaan USG. Mungkin anda sudah ingin tahu jenis kelamin anak yang belum lahir. Tetapi pemeriksaan USG pertama tidak selalu dapat melihat jenis kelamin secara jelas.

Apa yang terjadi pada ibu hamil?

Pada perkembangan janin usia 12 minggu, perut bunda sudah mulai terlihat buncit sehingga tidak mungkin lagi merahasiakan kehamilan dari kerabat dan teman

Kabar baiknya, gejala yang mengganggu banyak calon ibu pada trimester pertama, termasuk mual, akan hilang. Tapi terkadang pada beberapa ibu hamil akan ada rasa sakit pada bagian kepala.

Sakit kepala disebabkan oleh perubahan hormonal dalam tubuh, kadar gula darah rendah, kurang tidur, stres, dehidrasi.

Anda mungkin akan merasakan keluarhanya keputihan semakin meningkat secara segnifikan. Ini normal dan diperlukan untuk melindungi janin dari infeksi.

Nah itulah kira kira ulasan ringkas mengenai proses perekembangan janin di usia 12 minggu ini, dimana bunda akan mulai merasakan lebih nyaman tentu saja ketika sudah sampai disini jika dibandingkan dengan masa kehamilan bulan pertama.

Tetap jaga kesehatan, makan yang teratur, cukupkan nutrisi dan tentu saja olahraga ringan seperti senam, kemudian yoga sampai dengan jalan kaki ringan bisa bunda lakukan dalam menjaga kondisi tubuh tetap prima dan yang terpenting juga menjaga kesehatan janin tetap dalam kondisi terbaik sampai ia lahir nanti.