Anak Bisa Stress, Ini 5 Tips Mengatasi Stress Pada Anak

Anak Bisa Stress, Ini 5 Tips Mengatasi Stress Pada Anak

Stress tidak hanya menjadi masalah serius yang acap dialami orang dewasa, tetapi anak-anak bisa mengalami tekanan yang sama. Tingkat stress pada anak bisa dipengaruhi oleh faktor keluarga dan lingkungan sekitar mereka. Anda harus tahu cara menghilangkan stress si kecil agar ia tumbuh dengan fisik dan mental yang bagus. Berikan minuman coklat bubuk sebagai penambah energi sekaligus meningkatkan serotonin yang memberikan rasa nyaman.

Cara menghilangkan stress pada anak

Tanda anak sedang stress bisa terlihat dari perubahan fisik seperti penurunan nafsu makan, sakit perut, susah tidur, sering mengeluhkan sakit kepala, dan lain-lain. Dari sisi mental, anak menjadi pribadi yang lebih pemurung, malas, sering marah, dan enggan pergi ke sekolah atau belajar. Berikut cara menghilangkan stress pada anak yang bisa Anda terapkan yaitu :

1. Memberi semangat pada anak

Orangtua merupakan orang paling dekat yang berperan memberi semangat anak agar ia bisa mengendalikan stress. Bangkitkan rasa percaya diri sehingga anak berani melawan ketakutan dan menghilangkan rasa cemas berlebihan.

2. Tidak ada orang yang sempurna

Katakan pada anak bahwa tidak semua orang bisa menjadi sempurna di mata orang lain. Setiap orang lahir dengan kelebihan dan kekurangan sehingga anak bisa lebih menerima diri mereka dengan baik. Hal ini bisa membangun karakter yang lebih berani dan percaya diri sehingga mereka bisa terhindar dari perundungan.

3. Memberikan asupan nutrisi yang baik

Selain menerapkan aturan hidup sehat pada anak, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka. Berikan jenis makanan yang bisa meningkatkan serotonin anak secara alami, salah satunya coklat.

Anda bisa memilih minuman coklat bubuk yang disajikan panas atau dingin sesuai selera sehingga anak lebih merasa nyaman. Peningkatan hormon serotonin akan membuat anak menjadi lebih bahagia dan ceria.

4. Meningkatkan waktu berkualitas

Agar anak bisa mengendalikan stress, orangtua harus memperbanyak waktu berkualitas dengan anak seperti diskusi bersama, melakukan hobi yang disukai, olahraga bersama, dan lain-lain.

5. Memberikan jalan keluar dari masalah anak

Anak yang stress bisa disebabkan oleh masalah yang ia alami sehari-hari seperti kesulitan belajar, terlalu banyak PR, kelelahan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, dan lain-lain.

Orangtua harus bisa memberikan solusi atas masalah anak dengan memberikan beberapa jalan keluar untuk masalah yang dihadapi tersebut. Anak yang bisa memilih keputusan yang terbaik dan siap menanggung konsekuensi dari pilihan tersebut.

Stress bisa menjadi masalah serius bisa sebabkan anak alami depresi pada usia dini, lho! Jika Anda sudah mencoba berbagai cara yang tak kunjung memberikan hasil, segera lakukan konsultasi dengan psikiater terbaik. Lingkungan yang kondusif akan mendukung anak tumbuh lebih baik dengan risiko stress yang minim. Berikan segelas minuman coklat bubuk sebelum ia pergi ke sekolah guna menambah energi dan meningkatkan suasana hati yang lebih baik, ya!