5 Tips Menyediakan Sarapan Sehat untuk Mendukung Pertumbuhan Anak

5 Tips Menyediakan Sarapan Sehat untuk Mendukung Pertumbuhan Anak

Sarapan menjadi salah satu waktu makan terpenting yang dibutuhkan oleh anak. Makan pagi akan membantu memenuhi kebutuhan energi si kecil sehingga bisa beraktivitas lancar sepanjang hari. Anda sebaiknya menyediakan sarapan pagi untuk si kecil dengan sebaik mungkin agar kebutuhan gizi mereka tercukupi secara optimal.

Sarapan untuk Anak

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat mempersiapkan sarapan untuk si kecil. Jangan sampai salah langkah karena menu sarapan ini sangat berpengaruh pada pertumbuhan juga perkembangan mereka. Berikut adalah beberapa tips menyediakan sarapan sehat untuk mendukung pertumbuhan anak:

1. Gunakan Bahan Makanan Segar

Sangat disarankan untuk menggunakan bahan makanan segar demi memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Bahan makanan yang masih segar tentu lebih berkualitas dan zat gizi yang terkandung masih lengkap. Anda bisa melakukan food preparation terlebih dahulu untuk mempercepat proses pengolahan makanan setiap harinya. Bahan makanan yang berkualitas juga pasti akan terasa lebih enak untuk dimakan.

2. Tak Harus Menyajikan Nasi

Perlu diingat bahwa menu sarapan tak harus nasi. Anda bisa mengganti nasi dengan jenis karbohidrat yang lain agar anak semangat sarapan. Sebagai menu sarapan pagi, Anda bisa menyajikan roti gandum, sereal, atau kentang yang diolah dengan kreasi sesuka hati. Variasi makanan seperti ini akan membuat si kecil lebih bersemangat dan bisa menyantap sarapannya sampai habis.

3. Sediakan Sayur dan Buah

Usahakan untuk selalu menyediakan sayur dan buah sebagai pelengkap menu sarapan. Sayur dan buah merupakan bahan makanan yang penting untuk dikonsumsi anak secara rutin. Kandungan nutrisi, vitamin, juga mineral sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan buah hati Anda. Sajikan sayur dan buah dengan cara menarik sesuai selera anak.

4. Biasakan Anak Minum Susu

Selain makan berat, anak juga sebaiknya dibiasakan minum susu di pagi hari. Meminum susu di waktu pagi bisa membantu mendukung kecukupan kalsium dan berbagai vitamin dalam tubuh. Selain itu konsumsi susu di pagi hari akan menjadi sumber energi terbaik bagi tubuh. Mereka pun akan lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas sepanjang hari.

5. Jaga Kebersihan Makanan

Pastikan untuk menyajikan makanan dalam kondisi yang bersih atau higienis. Cuci kedua tangan sebelum menyediakan sarapan untuk anak. Selain itu, pastikan semua peralatan masak dan bahan makanan dicuci bersih agar tak terjadi kontaminasi bakteri. Jika makanan yang dikonsumsi bersih maka kesehatan anak pun akan terjaga dengan baik.

Itulah beberapa tips menyediakan menu sarapan pagi untuk buah hati. Pastikan anak tidak melewatkan waktu makan di pagi hari ini. Biasakan agar si kecil selalu sarapan sehingga ia mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas dan belajar sehari-hari. Agar lebih mudah membiasakan anak untuk sarapan, orang tua bisa memberi contoh dan mengajak anak makan bersama.