4 Keutamaan yang Didapat saat Menjalankan Sholat Wajib

4 Keutamaan yang Didapat saat Menjalankan Sholat Wajib

Sebagai seorang muslim, ada beberapa ibadah wajib yang perlu dijalankan yang keseluruhannya dicantumkan dalam rukun Islam. Sholat menjadi ibadah utama yang harus dikerjakan dengan jadwal sholat yang sudah ditetapkan waktunya. Perintah untuk sholat diberikan langsung oleh Allah SWT dan di dalamnya berisi beberapa keutamaan ketika menjalankannya yaitu:

1. Mengingat Allah

Ketika menjalankan sholat, harus dilakukan secara khusyu dan seorang hamba harus mengingat Tuhan sepenuhnya. Sholat juga berisi bacaan yang menyanjung kebesaran Allah sehingga menunaikan sholat juga berarti patuh terhadap perintah-Nya.

Allah secara langsung memberi penjelasan mengenai sholat dengan mengingat-Nya yaitu pada surah Thaha:14. Bahkan ketika seorang muslim tidak sengaja tertidur, maka ketika bangun dan ingat harus disegerakan untuk melaksanakan sholat.

2. Sebagai Penolong

Sholat tidak bisa dikerjakan secara tergesa-gesa dan harus dengan tuma’ninah atau berhenti sebentar di setiap gerakannya. Hal ini mengajarkan seorang muslim untuk bersabar dan Allah akan selalu bersama orang-orang yang sabar. Allah berfirman dalam Surah Al-Baqarah: 153 perihal mendirikan sholat dan bersabar maka Ia akan bersama orang tersebut.

Saat mendirikan sholat, ibadah ini mengajarkan bahwa sebagai manusia harus selalu bersyukur saat mendapat nikmat dan bersabar saat susah. Sabar dalam menjalankan sholat ini termasuk ke dalam jenis sabar dalam menjalankan setiap perintah dan juga sunnah. Ketika bersungguh-sungguh, sholat akan terasa seperti mengucap syukur dan juga berserah diri secara bersamaan.

3. Menjauhkan dari Sifat Munkar

Allah memberi firman dalam surah Al-Ankabut:45 bahwa ketika menjalankan sholat, seseorang akan terhindar dari sifat munkar. Dalam surah tersebut juga dijelaskan bahwa sholat sesuai jadwal sholat juga bisa jadi sarana dalam menghindari sifat keji.

Saat melaksanakan sholat, seseorang harus bisa menurunkan segala emosinya dan fokus dalam bertemu dengan Allah. Hal ini jika dilakukan secara terus-menerus dan sepenuh hati maka akan memberi dampak pada pemikiran di waktu-waktu lainnya. Seseorang yang sudah melaksanakan sholat tapi masih belum bisa menjauhi perbuatan munkar dan keji berarti tengah jauh dari Allah.

4. Menghapus Dosa

Melaksanakan sholat ternyata bisa menjadi sarana penghapus dosa seperti firman Allah pada Surah Hud : 144. Di dalam surah tersebut disebutkan bahwa melaksanakan shalat di waktu pagi, petang, dan sebagian malam bisa melunturkan dosa yang telah lalu.

Rasulullah juga pernah bersabda dimana Beliau menyebutkan bahwa mengambil wudhu dan sholat dua waktu bisa menghapus dosa. Ampunan Allah sebenarnya sangat dekat sedekat bagaimana seorang mukmin mau menyentuhkan kening di atas sajadah.

Sebenarnya masih banyak keutamaan yang bisa didapat dari sholat seperti penghapus kesalahan serta sarana melakukan ibadah paling utama. Artikel islami lainnya berkaitan dengan berbagai hal dalam Islam dapat dilihat selengkapnya di Orami. Semua pengetahuan terkini terkait ibadah dan syariat islam bisa diakses dengan mudah secara gratis.